Pengaruh Aki pada Motor Injeksi

Posted: 12 Februari 2010 in Berita, teknologi, Tips dan Trik
Tag:,

Fungsi aki begitu vital bagi motor. Terutama bagi anda yang suka bepergian malam atau berjalan dalam keramaian. Fungsi utamanya tentu untuk penerangan dan tanda-tanda berkendara seperti sein dan klakson. Namun jika anda menggunakan motor injeksi, maka fungsi piranti ini lebih vital lagi.

Seperti diketahui, motor injeksi bekerja dengan bantuan banyak sensor. Sementara sensor banyak berkait dengan kemampuan arus listrik mensuplai kebutuhan sensor untuk tetap hidup dan bekerja membaca kondisi kendaraan vis a vis jalan, mengumpulkan data, dan mengolahnya menjadi serangkaian aksi guna menjalankan motor dengan stabil. Dapat dibanyangkan jika aki anda mengalami penyusutan voltase atau bahkan koit. Bisa-bisa motor anda ngadat sementara anda bingung apa penyebabnya.

Bagi anda—dan umumnya masyarakat pengguna motor di Indonesia—yang terbiasa dengan motor bersistem karburator konvesional, gejala mati/tanpa aki bukan jadi persoalan besar. Motor tetap dapat dinyalakan tanpa bergantung pada aki. Namun tidak demikian pada motor injeksi. Mungkin anda mengira motor mogok gara-gara bensin buruk, ada korslet, busi mati, klep bocor, atau karena penyebab lain. Tak terbayang bahwa aki penyebabnya karena tidak punya pengalaman dengan motor injeksi sebelumnya.

Gejala awal yang diakibatkan oleh aki soak tentu saja sulit distater elektrik. Lalu motor endut-endutan kala berjalan. Pada saat aki mati total, motor sama sekali sulit dinyalakan. Meskipun anda mendorongnya, motor hanya akan menyala beberapa waktu kemudian mati lagi oleh ketidakseimbangan elektrik dan kekurangan pasokan data untuk bekerjanya mesin secara normal.

Nah bagi anda yang menggunakan motor injeksi seperti Yamaha V-Ixion atau Honda Supra 125X PGM-F1, jangan lupa soal pengecekan/perawatan aki. Bukan hanya saat hujan, tapi juga saat kemarau. Tentu saja di musim hujan anda perlu lebih berhati-hati bukan?

http://www.matabumi.com/cerita/pentingnya-aki-bagi-motor-injeksi

Komentar
  1. iman mengatakan:

    kenapa motor w bukan motor inject tp kalo aki w abis jalannya tersendat sendat.N AKI w jg cepet abis

  2. musa mengatakan:

    apaevek aki pada motor yang akinya mati?

  3. apek motor comunity mengatakan:

    tuliskan semua jenis motor yang sistem injeksi

  4. apek motor comunity mengatakan:

    jenis motor meggunakan sistem injeksi

  5. yudi mengatakan:

    motor vixi saya lari nya nahan apa dikarnakan aki nya soak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s